Kantor Pos Indonesia adalah kantor dalam
mengurusi pengiriman surat menyurat untuk berbagai kalangan. Sering kali
kita melihat kantor itu tersebar di berbagai penjuru daerah. Awal mula
kantor pos sendiri berdiri pada tahun 1746 di jakarta oleh Gubernur G.W
Baron van imhoff, kantor pos sendiri didirikan dengan tujuan menjamin
keamanan surat-surat masyarakat terutama untuk mereka yang berdagang
dari kantor diluar jawa dan untuk mereka yang datang dan pergi ke
belanda. Maka saat itulah awal pelayanan itu lahir dengan membawa tugas
dan pelayanan publik . Setelah kantor itu dijakarta didirikan, empat
tahun kemudian kantor pos didirikan di daerah semarang dengan tujuan
menciptakan jalur secara teratur dan mempercepat pengiriman, jalur
ditempuh melewati karawang, cirebon dan pekalongan.
Kantor pos sendiri berbadan usaha oleh
seorang kepala jawatan yang fungsinya operasinya tidak bersifat
komersial dan fungsinya lebih kepada pengadaan serta pelayanan kepada
publik. Tahun terus berganti begitu juga dengan perubahan-perubahan
status terjadi di badan usaha itu,mulai dari jawatan ptt (post,
telegraph dan telephone) hingga terakhir menjadi perseroan terbatas
dengan nama pt. post indonesia (persero). Seiring waktu terus berjalan
perusahaan tersebut mampu menunjukan kualitas serta kreatifitas dalam
pengembangan bidang layanan dengan memanfaatkan jaringan yang dimiliki
yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan, menjangkau daerah
perkotaan, kecamatan, desa dan lokasi transmigrasi terpencil.

Kantor Pos Indonesia
Seiring dengan kecanggihan teknologi
informasi dan komunikasi, perusahaan tersebut telah mempunyai 3.700
kantor online yang dilengkapi elektronik mobile pos dibeberapa kota
besar. Kantor itu sendiri menciptakan sistem kode untuk mempermudah
processing kiriman secara akurat. Seiring terus berkembangnya perusahaan
tersebut maka banyaklah tercipta lowongan kerja untuk mengurangi
tingkat pengangguran diindonesia. Karena melihat suksesnya perusahaan
tersebut maka banyak orang mengikuti bisnis mereka, dengan membuka
pengiriman dokumen, barang dan lainnya, ditengah maraknya persaingan pt.
pos indonesia selalu meningkatkan kualitasnya baik dari segi apapun.
Perusahaan tersebut sudah sangat banyak membantu masyarakat, dari harga
pengiriman surat serta barang tergolong murah, selalu melayani dengan
senyum serta ramah, pengiriman tidak mengenal hujan atau panas serta
selalu mengadakan bazzar ataupun acara-acara kemasyarakatan.